13 Oktober 2012

Alat Pengganti Flasdisk Masa Kini

Di jaman teknologi yang serba maju seperti sekarang ini, sudah ada banyak media yang digunakan untuk menyimpan data, seperti flashdisk atau hardisk. Pilihan kapasitasnya pun beragam, dari 500 GB hingga 2 TB. Namun timbul pertanyaan, berapa lamakah ketahanan media-media tersebut untuk menyimpan data? Berbeda dengan buku yang bisa bertahan hingga ribuan tahun jika dirawat dengan baik, media penyimpan data saat ini memiliki umur, atau dengan kata lain bisa rusak bila waktunya tiba. Namun kini, Hitachi telah menciptakan sebuah media penyimpan data berupa kaca kuarsa yang dikatakan bisa bertahan selamanya.


geek.com
Chip penyimpan data prototip dari Hitachi tersebut hanya memiliki ukuran 2×2 cm dan tebal 0,2 cm. Chip ini terbuat dari kaca kuarsa, yang tahan panas, bahkan pada suhu 1000° C sekalipun. Bahan ini juga tidak terpengaruh oleh radiasi, air, dan bahan kimia lainnya. Menurut sumber yang saya kutip dari situs geek.com, bahan ini mampu bertahan hinggga beberapa ratus juta tahun, kecuali jika chipnya patah atau rusak.
Teknologi ini terdiri dari beberapa lapis dots yang menyimpan data dalam bentuk biner. Yang saat ini berhasil dibuat adalah ketebalan sebanyak empat lapis, dan mampu menyimpan data sebanyak 40 MB per inci persegi, atau setara dengan kemampuan CD. Tentu saja ini lebih rendah daripada kapasitas hardisk yang biasa kita gunakan, yaitu kapasitas yang mencapai TB (Terrabyte).
Di masa yang akan datang, Hitachi berharap bisa membuat chip dengan kapasitas yang lebih besar, karena chip prototipnya saat ini hanya memiliki kapasitas yang mampu menyimpan beberapa buah ebook. Selain itu, untuk dapat menguraikan data yang tersimpan pada chip prototip itu, kita membutuhkan sebuah mikroskop.
Tujuan dari Hitachi saat ini adalah membuat teknologi yang bisa digunakan oleh semua kalangan, seperti pemerintahan, museum, atau organisasi lainnya yang mungkin tertarik oleh media penyimpan yang tahan lama. (jadiberita)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More